Ni ngayal sambil berandai-andai gan, bila suruh milih, ilih maruez atau sabina untuk jadi brand abassador CBR 150? -vs-marquez-lebih-nendang-mana-gan-kalau-dijadiin-brand-ambassador-cbr-150-lokal/
Komparasi R15 Vs Cbr 150 Lokal Merah
Skema komparasi ini dibagi atas 6, yaitu design, performa akselarasi, performa top speed, handling, kenyamanan riding dan fitur.Sedangkan penilaian berdasarkan point, dengan point maksimal 100 dan minimal 0 di setiap pembahasannya.
Genderang perang dari kubu pabrikan sayap sebelah telah dikumandangakan. Sang motor sport full fairing 150cc generasi terbaru dari Honda telah dilahirkan di Indonesia. Yaps, dialah New CBR 150 atau bisa kita sebut CBR lokal.
Namun dari segi teknologi mesin, CBR layak berbangga diri. New CBR 150 sudah menganut engine 150cc overbore DOHC. Beda dengan R15 yang masih menganut system noken SOHC dan tipikal mesinnya overstroke. Namun dari segi power, dikalim CBR lokalan ini tak segarang CBR versi impor. Tapi lumayanlah, power mesin DOHC sangat berpotensi untuk dapat lebih dimaksimalkan lagi jika dibandingkan dengan mesin SOHC. Tapi semua juga tergantung tuner dan ridernya.
Melihat dan mengamati dari setiap renderan calon CBR150R lokal, ada beberapa point yang bisa saya simpulkan mengenai designnya dibandingkan dengan sang kompetitor yaitu Yamaha R15. Kita kesampingkan masalah mesin yanh diusung, karena yang satu memakai mesin DOHC dan yang satu SOHC, namun sama-sama 6-speed.
FairingDesign kedua fairing motor ini pun terlihat sangat berbeda. Fairing calon CBR150R lokal terlihat sangat simple tanpa banyak detail-detail lekukan pada designnya, berbeda dengan design fairing yamaha R15 yang terlihat memiliki beberapa detail lakukan fairing yang menurut saya lebih keren dan berkarakter dibandingkan dengan design fairing calon CBR150R lokal.
TangkiPada bagian tangki, design tangki calon CBR150R lokal terlihat lebih semok dan berisi dibandingkan dengan design tangki yamaha R15 yang terkesan mungil untuk fairingnya yang lumayan lebar.
Split seatUntuk bagian jok ini milik yamaha R15 terlihat lebih racy daripada CBR150R lokal. Meskipun menurut beberapa orang, ketinggian jok bocengers yamaha R15 terlalu tinggi dan menyusahkan bagi boncengers. Menurut saya beginilah seharusnya design real motorsport. Semakin nungging maka akan terlihat semakin sexy racy look.
SasisCalon CBR150R lokal menganut sasis tubular frame atau biasa disebut sebagai teralis layaknya honda CB150R, sedangkan Yamaha R15 menganut sasis delta box layaknya Yamaha vixion. Bada bagian ini menurut saya delta box terlihat lebih keren dan moge look dibandingkan dengan sasis teralis. Kesan racy terasa lebih kental dan mantap. Meskipun untuk pemakaian sehari-hari gak terlalu berpengaruh besar pada handling.
Swing ArmPada bagian yang satu ini, saya rasa hampir semua bikers setuju bahwa swing arm Yamaha R15 terlihat lebih keren daripada swing arm calon CBR150R lokal. Kesan supersport akan lebih terasa dan bagian kaki pun tetlihat lebih padat.
BuritanDesign buritan yamaha R15 terlihat meruncing dan tajam. Jika kita bandingkan dengan design buritan calon CBR150R lokal yang nampaknya gak jauh berbeda dengan design CBR150R yang ada saat ini. Untuk hal ini aku bilang YESS untuk Yamaha R15.
Ga salah klo Thailand pilih CBR k91 mata satu, soulnya masih murni CBR asli, sport tp elegannya dpt bgt kya gbr paling atas, karakter mesin pun khas seharusnya cbr. ga kya CBR lokal sini yg udh ga jelas, menggadaikan trahnya cuma buat niru R15. 076b4e4f54